Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah alat indra yang paling berharga. Dengan alat tersebut kita bisa melihat indahnya dunia dan seisinya. Oleh karena itu apabila tidak ingin kesehatan mata kita terganggu, kita wajib dan harus menjaganya.

Penyebab kerusakan mata yang paling umum adalah terlalu lama menatap layar komputer hingga mengalami radang mata. Bisa juga masalah mata terjadi karena stres tinggi. Gejala saat mata mengalami gangguan bukan hanya penglihatan yang kabur. Tapi juga disertai sakit kepala yang tak tertahankan.

Agar Anda tak mengalami masalah mata serius, selalu jaga kesehatannya. Periksakan ke dokter secara teratur terutama bagi yang mengalami keluhan minus atau silinder. Lalu, segera hentikan lima kebiasaan buruk ini.

1. Membaca saat tidur
Membaca dengan posisi tidur dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Bukan hanya bisa membuat mata sulit fokus tapi juga sakit kepala.

2. Terlalu lama di depan komputer
Menatap layar komputer sepanjang hari akan menyebabkan mata jadi kering. Sebaiknya, kenakan kacamata yang dapat menahan cahaya untuk menekan risiko keluhan pada saraf mata.

3. Menonton televisi
Layar televisi dan layar komputer, sama-sama dapat menyebabkan kerusakan mata dengan cara cepat. Maka dari itu, jangan terlalu dekat, perhatikan jaraknya agar tetap aman.

4. Membaca dalam perjalanan
Saat berada di dalam mobil atau kereta api membaca merupakan hal yang harus Anda hindari. Itu karena, gerakan kendaraan akan membuat otot mata harus bekerja ekstra untuk menyesuaikan dengan gerakan yang konstan.

5. Paparan cahaya berlebihan
Sinar matahari yang terik pasti akan membuat Anda memicingkan mata. Paparan sinar ini bisa merusak mata, saat siang hari dan ke luar rumah, sebaiknya kenakan kacamata hitam.

Selain kebiasaan buruk di atas, kita juga dapat menjaga mata kita dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung banyak vitamin A, karena vitamin A ini baik untuk kesehatan mata.
Berikut ini beberapa jenis bahan makanan yang banyak mengandung Vitamin A :

1. Wortel

Seperti telah kita keathaui bersama, wortel dikenal sebagai jenis sayuran yang banyak memiliki kandungan vitamin A. Wortel adalah bahan makanan yang sangat baik bagi kesehatan mata.

2. Bayam

Bahan makanan sumber vitamin A berikutnya adalah Bayam. Bayam memiliki kandungan vitamin A tidak kalah dengan wortel. Kandungan beta karoten-nya pun hampir sama dengan wortel. Beta karoten sangat baik bagi kesehatan. Selain itu, bayam juga mengandung zat besi yang tinggi dan tentu saja bagus bagi kesehatan.

3. Cabe Merah

Kabar baik bagi Anda para penggemar makanan pedas. Di dalam cabe merah banyak terkandung vitamin A adalah cabai merah. Tidak hanya vitamin A, cabe merah juga banyak mengandung berbagai jenis vitamin lainya. Seperti vitamin C.

4. Alpukat

Buah alpukat kaya akan kandungan nutrisi. Buah alpukat mengandung lebih banyak Lutein dibandingkan dengan buah-buah lainya. Lutein sangat penting untuk menjaga kesehataan mata. Lutein dapat mencegah mata dari gangguan penurunan ketajaman penglihatan dan katarak. Alpukat juga merupakan sumber nutrisi yang berguna untuk kesehatan mata. Seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E.

5. Pepaya

Jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A berikutnya adalah pepaya . Buah pepaya mengandung beberapa jenis vitamin, salah satunya adalah vitamin A. Buah pepaya berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa jenis makanan di atas adalah Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata, semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s