Mengatasi Mata Kering

Keadaan gatal, terbakar atau teriritasi “kering” mata disebabkan oleh jumlah yang cukup dari produksi air mata. Kemungkinan penyebabnya adalah penggunaan lensa kontak dalam jangka panjang, angin ditiup di wajah dan isu-isu lain yang berkaitan dengan produksi cairan tubuh Anda. Jika Anda memiliki mata kering selama lebih dari satu atau dua hari, kunjungi dokter. Untuk kurang mengancam kasus mata kering, Anda dapat menggunakan perawatan rumah.

  • Terapkan air mata buatan (obat mata). Gejala kering dan tidak nyaman dari mata kering bisa dikurangi melalui penggunaan air mata buatan. Jika Anda memakai kontak, mencari tetes yang dirancang khusus untuk digunakan dengan lensa kontak.
  • Mengedipkan mata Anda sebanyak mungkin. Tindakan berkedip kelopak mata Anda memberikan kelembaban pada mata Anda.
  • Jalankan pembersih udara di rumah Anda. Seringkali, kondisi lingkungan dapat menjadi penyebab mata kering. Debu dan serbuk sari di udara dapat bekerja dengan cara mereka ke mata dan menyebabkan iritasi. Menggunakan pembersih udara dapat menjaga udara bersih konsisten.
  • Kurangi melakukan hal yang membuat mata Anda bekerja lebih keras misal menggunakan komputer, televisi, telepon nirkabel atau perangkat elektronik lainnya. Mata bisa menjadi lebih kering dari menggunakan perangkat tersebut untuk waktu yang lama. Jika Anda menggunakan perangkat ini untuk jangka waktu yang lama, berhenti melihat layar setidaknya setiap 20 menit dan fokus mata Anda pada sesuatu 20 meter jauhnya. Ini membantu dengan kekeringan dan kondisi mata lainnya.
  • Pakailah kacamata hitam. Ketika Anda berada di luar atau di lingkungan yang mungkin tinggi dalam debu atau serbuk sari, mengenakan kacamata melindungi mata dari iritasi tersebut. Paparan angin dan matahari juga dapat menyebabkan mata kering.
  • Minum banyak air. Meningkatkan asupan cairan dapat menyediakan tubuh Anda dengan kelembaban yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi air mata.
  • Jaga lensa kontak Anda agar tidak mengering dengan baik. Pastikan untuk menghapus kontak harian Anda gunakan setiap hari sebelum Anda pergi tidur, bersihkan lensa dengan pembersih lensa kontak yang direkomendasikan dan hidrat lensa dalam larutan garam selama malam.
  • Makanlah makanan yang kaya Vitamin A, C dan E dan Omega-3 asam lemak. Vitamin dan asam lemak memberikan mata dengan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tetap sehat dan baik-terhidrasi.
  • Tidur setidaknya tujuh jam setiap malam. Mendapatkan istirahat yang lengkap di malam hari memungkinkan tubuh Anda untuk memulihkan diri dan membantu mata Anda re-hidrat. Ketika mata Anda tertutup saat tidur, kelopak mata Anda mengisi bola mata Anda dengan kelembaban yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s