5 Penyebab Iritasi Mata

Iritasi mata adalah masalah umum yang dialami oleh setiap orang dan semua umur. Seperti gatal, rasa panas, terbakar atau iritasi yang menyakitkan di mata. Gejala-gejala umum yang berhubungan dengan iritasi mata gatal, kemerahan, nyeri, bengkak, robek, terbakar, sakit, kelelahan sehingga penglihatan kabur dan masih banyak lagi. Dalam situasi ini sering merasa seolah-olah ada sesuatu yang berada di matanya.
Sejumlah keadaan dapat mengakibatkan iritasi mata sehingga  memerlukan konsultasi langsung dengan dokter mata.  Namun ada juga yang tidak  memerlukan perawatan medis dan bisa sembuh dengan sendirinya . Tetapi jika anda pernah menderita kondisi iritasi mata, Anda harus menghindari menggosok mata Anda, menggunakan riasan mata dan anda juga harus melindungi mata dari debu.

 

Berikut ini adalah lima penyebab iritasi mata  dengan tindakan pencegahannya.

  1. Partikel asing dalam Mata. Jika sesuatu seperti partikel debu atau riasan mata sudah di mata Anda, dapat menyebabkan iritasi mata.  Maka  anda harus mencucinya dengan air keran dingin tanpa menggosok mata Anda.
  2. Sindrom Mata Kering. Penggunaan komputer  secara  terus menerus, perubahan hormon, penggunaan lensa kontak, kondisi atmosfer kering, obat-obatan tertentu dan asap rokok menyebabkan situasi di mana kelenjar air mata tidak menghasilkan jumlah yang cukup atau kualitas tetes air mata untuk menjaga tingkat kelembaban optimal di mata, mengakibatkan sindrom mata kering. Sindrom mata kering juga menyebabkan iritasi mata dan jika tidak diobati dapat menyebabkan penglihatan kabur dan infeksi. Dalam situasi seperti ini, Anda harus mengunjungi dokter mata, yang mungkin akan member i anda resep  pelumas gel atau salep untuk menjaga tingkat kelembaban yang benar di mata Anda. Sindrom mata kering tidak dapat disembuhkan tetapi dapat ditangani dengan menggunakan pelumasan eksternal atau menggunakan metode bedah. Namun, dalam sebagian besar kasus, masalah Sindrom Mata Kering sendiri bisa dihindari dengan cara istirahat secara teratur dan mencoba untuk sering mengedipkan mata Anda saat bekerja.
  3. Infeksi dan Alergi. Iritasi mata mungkin sangat sering membuat bagian putih mata Anda (sklera) tampak merah dan dalam kasus jika Anda memiliki gejala lain dari iritasi mata juga, Anda mungkin telah mengenal  infeksi yang dikenal sebagai konjungtivitis. Meskipun, konjungtivitis alergi tidak menular karena disebabkan oleh  virus. Demikian pula, iritasi mata dapat disebabkan oleh alergi juga. Orang mungkin memiliki partikel asing alergi, alergi asap atau alergi musiman. Sehingga mata menjadi merah. Dokter mata memberikan resep obat atau obat tetes mata yang harus digunakan jika diperlukan untuk menjaga kondisi seperti ini.
  4. Sub-konjungtiva Perdarahan. Sub konjungtiva perdarahan adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah di bawah jaringan yang menutupi sclera. Itu membuat mata terlihat merah dan benar-benar menakutkan sekali.
  5. Cedera. Dalam kasus cedera mata, mereka bisa menjadi merah, bengkak dan sakit. Cedera pada mata sangat berbahaya dan memerlukan konsultasi langsung dengan dokter mata Anda. Untuk langkah cepat,mungkin  Anda dapat menggunakan paket es di mata Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s